Trending Topics

.

.

Monday, December 26, 2011

Love, it ever existed among us

Don't be shock with what you will read here, because I wanna tell you about a love story. A not ordinary love story. however, just like the tittle, although it is not ordinary, love, it ever been between them. who I explain bellow..

enjoy~


Austria-Hongaria, juga dikenal sebagai Kerajaan ganda atau sebagai monarki k.u.k.), ialah negara dualistik (1867 –1918) dari yang Kerajaan Hongaria pemerintahan sendiri dan perwakilan dalam urusan bersama (terutama hubungan luar negeri dan pertahanan) dengan daerah barat dan utara Kekaisaran Austria di bawah para Kaisar Austria (yang juga menjabat sebagai Raja Hongaria) dari dinasti Habsburg. Federasi ini melahirkan nama "Kerajaan dan Negeri yang Diwakili dalam Dewan Kekaisaran dan Negeri Mahkota Hongaria Suci".
Austria-Hongaria berasal pada tahun 1867 dalam penggabungan antara bangsawan Hongaria dan monarki Habsburg dalam percobaan mencapai Kekaisaran Austri kuno pada tahun 1804. Sebagai kekaisaran multi-nasional di masa kesadaran nasional, mereka menemukan kehidupan politiknya yang didominasi pertikaian antara 11 kelompok nasional yang utama. Meski perselisihan antara kelompok seringkali mengenai kekaisaran, 50 tahun keberadaannya memperlihatkan perkembangan ekonomi dan modernisasdi yang cepat, seperti banyak perbaikan liberal. Akhirnya kekaisaran ini lenyap sebagai akibat Perang Dunia I.

Perang Dunia I
Pada tanggal 28 Juni 1914, Franz Ferdinand, pewaris untuk pamandanya Kaisar Franz Josef (satu-satunya putra Franz Josef telah tewas dalam keadaan yang tetap misterius, dan republiken Meksiko telah menghukum mati saudara kaisar), mengunjungi ibu kota Bosnia Sarajevo di mana militan Serbia Bosnia dari kelompok nasionalis Bosnia Muda membunuhnya.
Sebelumnya kekasisaran ini telah kehilangan wilayah yang banyak dihuni etnis Italia di Piemonte karena gerakan nasionalis yang besar di seluruh Italia, dan banyak orang Austria-Hongaria merasakan ancaman hilangnya daerah selatan yang dihuni orang-orang Slavia ke tangan Serbia sebentar lagi. Serbia telah menerima jumlah wilayah yang berarti dalam Perang Balkan II 1913, menyebabkan banyak kesulitan dalam lingkungan pemerintahan di Wina dan Budapest. Beberapa anggota pemerintahan, seperti Conrad von Hötzendorf telah menginginkan berhadapan muka dengan bangsa Serbia yang bangkit kembali selama beberapa tahun. Kepemimpinan Austria-Hongaria, yang disokong sekutu Jermannya, memutuskan untuk menghadapi Serbia secara militer sebelum dapat mendorong pemberontakan: memanfaatkan pembunuhan sebagai alasan, mereka menyajikan daftar 10 permintaan yang diharapkannya Serbia takkan pernah menerima. Saat Serbia menerima 9 dari 10 permintaan tapi hanya sebagian menyetujui 1 yang tersisa, Austria-Hongaria mengumumkan perang.
Peristiwa itu membawa Kekaisaran ke dalam konflik dengan Serbia dan lebih dari selama bulan Juli dan Agustus 1914, menyebabkan mulainya PD I, sebagaimana mobilisasi Russia dalam mendukung Serbia, memulai rangkaian kontra-mobilisasi.
Italia awalnya tetap netral, walau bersekutu dengan Austria-Hongaria. Pada tahun 1915 beralih ke sisi kekuatan Entente, berharap mendapatkan daerah dari Austria-Hongaria.
Awalnya pasukan Austria-Hongaria menundukkan Serbia, mempertahankan jalan ke dalam Hongaria dan memukul mundur majunya Italia di Gorizia.Pasukan Austria-Hongaria menderita berat sepanjang perang, khususnya pada tahun 1914. Bagaimanapun, mereka sangat sukses (walau dengan bantuan dan arahan Jerman) tetap berlanjut ke wilayah musuh menyusul kemenangan yang dipimpin Jerman di Galisia (Mei 1915) dan di Caporettodi front Italia (Oktober 1917). Sepanjang perang, usaha perang Austria-Hongaria telah menjadi kian menurun pada arahan perencana Jerman. Kurangnya bekal, moril rendah, dan tingkat korban yang tinggi sunggu telah memengaruhi kemampuan operasional pasukan dari akhir perang.


Pembubaran Kekaisaran
Di musim panas 1918 pasang surutnya perang berbalik secara meyakinkan melawan Kekuatan Tengah. Walaupun kepemimpinan minoritas nasional dalam telah tetap setia pada Habsburg sepanjang perang, nasib buruk memaksa mereka mempertimbangkan kembali pilihan mereka. Seperti menjadi nyata bahwa Sekutu akan menang, secara politis menjadi bijaksana untuk para nasionalis untuk meninggalkan ikatan pada negara yang sudah tua dan merangkul paham nasionalis kekuatan yang menang. Pada puncaknya, kekaisaran tak bisa lebih lama menyediakan dorongan untuk kebangsaan untuk bekerja bersama. Kelompok lain juga kehilangan kepercayaan pada kekaisaran. Kemakmuran telah lenyap, kekecewaan kepentingan bisnis, sosialis menjadi tumbang oleh hilangnya kebijakan liberal yang telah mencirikan pemerintahan Cisleithania sebelum perang. Dalam keadaan itu para nasionalis radikal menemukannya mudah untuk mengumpulkan dukungan pada alasan mereka, dan sejumlah deklarasi kemerdekaan yang disusul pada September – Oktober 1918. Secara resmi perang itu mengakhiri Austria-Hongaria saat memasuki gencatan senjata dengan Sekutu pada tanggal 3 November 1918.
Akhir perang menandai berakhirnya Austria-Hongaria. Secara politis menjadi bijaksana untuk pemenang yang bersekutu menahan pencampuran maju ke dalam berbagai bagian nasional menurut 14 poin Woodrow Wilson. Catatan bahwa kekuatan sekutu sama sekali tak melihat bubarnya kekaisaran sebagai tujuan perang: secara sungguh-sungguh mereka mereka mempunyai gagasan hanya ke arah akhir perang. Berkebalikan dengan harapan saat itu, bubarnya kekaisaran tak mengurangi masalah nasional di daerah itu, dan membuat daerah itu secara politis tidak stabil daripada di bawah penguasaan Habsburg.
Pertama untuk membentuk keadaan baru, orang-orang Ceko menyatakan kemerdekaan pada tanggal 28 Oktober 1918. Hongaria menysul pada tanggal 31 Oktober, walau kebanyakan orang Transilvania bersatu dengan Rumania, membawa dengan mereka minoritas Hongaria yang besar. Bangsa Slavia Selatan telah membentuk Negara Bangsa Slovenia, Kroasia, dan Serbia pada tanggal 29 Oktober, segera bersatu (1 Desember 1918) dengan Serbia dan Montenegro sebagai Kerajaan Bangsa Serbia, Kroasia, dan Slovenia.
Setelah perang pemenangnya mereorganisasi perbatasan wilayah, secara radikal mengubah persekutuan politik. Persetujuan yang berbeda memengaruhi daerah-daerah itu, termasuk Persetujuan Trianon (1920).
Austria dan Hongaria menjadi republik, mengasingkan keluarga Habsburg selamanya. Pembaharu pro-monarki di Hongaria setelah revolusi komunisdan campur tangan Rumania pada tahun 1919 menimbulkan pengembalian resmi negara pada kerajaan (Maret 1920), namun dengan kekosongan tahta. Percobaan oleh kaisar terakhir Karl I, memperoleh kembali kekuasaan di Budapest (Maret, Oktober 1921) yang diakhiri dalam deportasinya ke Madeira, di mana ia meninggal di tahun berikutnya. Dalam ketiadaan raja, Hongaria jatuh di bawah pengawasan kabupaten, dikepalai pahlawan laut Miklós Horthy.

Oke jika versi yang diatas itu nampak begitu rumit, disini ada yang lebih menyenangkan untuk disimak..


Hetalia Axis Power
Hhaha.. istilah yang tak asing untuk para otaku sekaligus penggila sejarah, dan yah, orang-orang yang peduli pada isu-isu dunia. Jujur, anime yang satu ini membuat saya lebih banyak tahu soal sejarah dunia. Membuat saya lebih up to date soal isu-isu dunia, dan bagian konyolnya, begitu saya mengingat kekocakan para nation apabila disatukan, saat menonton berita ekonomi, acara olah raga, membaca koran, bahkan buku IPS, saya jadi sering tertawa dengan sendirinya. Bagi yang punya masalah dalam menghafal bidang ajar yang satu ini-IPS- anime ini bisa jadi alternatif, apalagi buat penggila sejarah macam saya, yaah cemilan yang menjadi candu mungkin hahhaaha..
Berikut adalah ulasan mengenai hubungan Austria-Hungary yang telah diadaptasi dalam bentuk hubungan antara dua individu manusia.
Hungary dalam APH adalah sesosok wanita bernama Elizaveta Hedervary yang secara biologis mungkin berumur sekitar 19-20 tahunan, sedangkan usia kronologisnya bisa dilihat di buku sejarah masing masing oke*ditendang*. Sikapnya sebenarnya lembut, terutama kepada anak-anak atau orang di sekitarnya. Tapi terkadang ia juga tempramen, terutama pada musuhnya. Berbeda jauh dengan apa yang terpampang di luar, sebenarnya ia begitu manly haha.. ia identik dengan bunga oranye di rambutnya dan juga frying pan.
Yang hebat dari kedua pasang Nation yang pernah hidup bersama ini adalah kepribadian Austria yang justru tak se-Manly Hungary. Roderich Edelstein, atau Austria adalah seorang laki-laki darah biru yang tak banyak bicara serta menggemari dan menguasai musik klasik dan segala instrumennya. Ia, sebagaimana banyak musisi terdahulu, bersikap agak dingin dan idealis. Meskipun begitu, Hungary yang secara politik merupakan ‘istrinya’ sering sekali terlihat setia mendampinginya bermain piano. Sang Young Master penyuka cake ini identik dengan kacamatanya, tahi lalat di dekat bibirnya, dan Mariazellnya.
Jika ingin tahu lebih jauh mengenai hubungan mereka, boleh di search di you tube, monggoo~
oya, berikut beberapa fanfiksi berbintangkan pairing ini yang saya rekomendasikan dari situs Fanfiction.net tercinta:
http://www.fanfiction.net/s/5670256/1/Far_longer_than_forever
http://www.fanfiction.net/s/6198654/1/East_Side_Story
http://www.fanfiction.net/s/6581679/1/Romantic_Christmas
http://www.fanfiction.net/s/6498055/1/Simfoni

selamat menikmati~
-Yuanita WP, 2011-

2 comments:

  1. Wow its a very good post. The information provided by you is really very good and helpful for me. Keep sharing good information..
    Acura CL AC Compressor

    ReplyDelete