Trending Topics

.

.

Tuesday, November 12, 2013

Masih Manusia

Originally from My Daily Life


Bro, tau nggak? Akhir-akhir ini saya sering blogwalking ke punyanya orang-orang lalu membaca post-post mereka. Isinya kebanyakan dokumentasi sehari-hari, testimoni, dan galauan-galauan eksplisit. Begitu saya pulang ke blog saya, saya kemudian bertanya tanya. Iya sih ada fotonya, identitasnya juga lengkap. Tapi berdasarkan penuturan beberapa nara sumber, mereka kerap menyangsikan blog saya ini. Ini manusia apa bukan gitu ya? Apa jangan-jangan setengah pikirannya hidup di dunia lain. wkwk. Iya bionya jelas, tapi isinya liar. Semuanya testimoni-testimoni yang sebenarnya tak ubahnya seperti apa yang remaja lain sebut sebagai galauan hanya saja dikemas sedemikian sok implisit dan berbelit. Kaya ada yang mau ngepoin gua aja gitu ya~#dor

Ya, dari hati terdalam, saya memang lebih mencintai cara itu. Dan suasana hati semacam ini adalah kesempatan emas untuk dapat menghasilkan tulisan yang berkualitas. Karena peran emosi dalam tulisan saya itu luar biasa ajaibnya. Ketika hidup saya sedang selo dan bahagia, tulisan yang saya hasilkan pasti kurang bernyawa. Sedih ya? Kalo mau hebat harus berpayah-payah dulu, tapi ya, disanalah letak keajaibannya. Bahwa ketika saya direndung kegelisahan yang demikian menyiksa pun, masih ada sisi positif yang bisa saya pilah dan kantongi.

Sekarang, saya mau menghadirkan sebuah refleksi dari kehidupan saya selama 17 tahun belakangan ini. Yaa, singkat aja sih. Soalnya kalo dijabarin dengan niat, pasti jadinya autobiografi 500 halaman lebih haha~

Saya lahir 20 Mei 1996 di Bidan Uum, Cibitung, Bekasi. #masih muda kan? :3 Secara geografis, Bidan Uum itu, letaknya gak begitu jauh dari kontrakan saya dulu yang bersebrangan kali dengan telaga harapan, yakni di sebelahnya Fajar Paper atau PT. Fajar Surya Wisesa Tbk. yang notabene adalah perseroan terbatas tempat bokap saya mengabdi sejak 1992 silam. Nyokap saya dulu juga kerja disana, tapi karena waktu kecil saya sakit-sakitan, beliau berhenti di sekitar tahun 1997. Parahnya, gak lama setelah beliau berhenti, datanglah Krismon alias Krisi Moneter. Waktu itu saya masih bayi#yaiyalah, sakit-sakitan, ringkih, tinggal masih di kontrakan petak, nyokap udah gak kerja, apa-apa mahal, nyari sembako susah, coba bayangkan apa yang akan anda lakukan kalo jadi orang tua saya waktu itu? Denger ceritanya aja saya udah merinding.

Bocah sakit-sakitan itu kemudian bisa bertahan hidup. Di usia 2 tahun, setelah krismon pergi dan reformasi menjelang, masalah datang lagi. Waktu itu saya didiagnosa mengoleksi 3 penyakit pernapasan sekaligus, yakni plek, asma, dan bronkhitis. Super sekali kan?#dor Alhasil, 2 minggu sekali, saya nodong gaji bokap yang waktu itu masih dua mingguan buat berobat jalan di RS. Karya Medika depannya Fajar Paper. Dokternya, saya masih inget, kalo gak Dr. Kholit, ya Dr. Marisi. Saya nggak ceto dulu udah ada jamsostek apa belum, yang jelas biaya yang dihabiskan waktu itu cukup besar buat keluarga karyawan swasta kecil macam kami. Hasil kerja nyokap saya selama ini yang diabadikan dalam bentuk perhiasan-perhiasan kecil pun raib dipretelin satu persatu.

Penyakit itu nyusahin banget bro. Dan perjuangan saya melawan mereka belum berakhir sampe saya pindah rumah dari kontrakan petak nan sumpek itu ke sebuah rumah yang lebih luas, tapi belum diplester dan dikeramik ketika umur saya 3 tahun. Dari rumah yang jaraknya sekitar 9-10 km dari kontrakan lama itu, hidup kami tetap berotasi di sekitar Gardu Sawah sana. Saya masih berobat jalan di Medika, dan Bokap masih setia dengan jabatan Foremannya di Fajar Surya Wisesa.

Ada yang gak bisa lepas dari kehidupan awal saya di kontrakan dulu. Temen-temen seangkatan saya disana, maksudnya yang sama-sama merupakan anak-anak pertama dari pasangan-pasangan muda yang umumnya juga karyawan yang sama-sama ngontrak disana, saya satu-satunya yang lahiran '96. Waktu mereka main bareng dan saya pengen ikut, saya selalu diintimidasi atau bahasa sekarangnya dibully wkwk. Kalo mereka main ketempat saya, saya dengan segala kerendahan hati dan keikhlasan meminjamkan mereka seluruh mainan yang saya punya, tapi ketika terjadi sebaliknya, mereka gak mau minjemin saya. Ketika mereka mulai sekolah pun, saya yang satu-satunya belum. Pas saya pindah pun, dua orang sohib baru saya lahiran '95 bro~. Menyakitkan ketika kami yang biasanya main bersama tak bisa melanjutkan rutinitas menyenangkan itu lagi karena si '95 itu harus memiliki rutinitas baru untuk pergi ke sekolah, dan saya masihlah seorang balita pengangguran yang kesepian.

Soal penyakit nyusahin yang saya banggakan bernama asma itu, ada cerita keren lain. Dulu asma saya sering banget kambuh. Sampe saya berada pada suatu titik dimana saya merasa terlahir terlalu lemah dan teramat berbeda dari yang lain. Sekali waktu, asma itu pernah kambuh di malam hari. Saya biasanya langsung diberi pertolongan pertama sama ibu saya dengan meninggikan bantal yang dibuat tidur dan meminumkan saya air hangat, tapi naasnya malam itu hal tersebut nggak sepenuhnya berhasil. Karena sesak napas saya semakin menjadi, dan nyokap pun semakin panik, akhirnya dini hari itu juga saya digendong ke klinik terdekat yang jaraknya sekitar 15 menit jalan kaki. Digendong seorang diri oleh nyokap saya, ditengah kegelapan kampung yang masih sepi dan jalannya becek abis ujan. Sasuga banget kan nyokap gue, padahal ketika itu gua udah SD kelas satu dan udah lumayan berat.

Nyokap saya terkenal sebagai emak paling galak sekomplek maupun sekeluarga besar, dan bokap saya sebaliknya, sebagai seorang bokap ganteng yang baek. Dan setelah saya liat-liat lagi, dua sisi itu sekarang tertanam di diri saya. Bukan tentang galak dan gantengnya bro, tapi tentang bagaimana mereka memperlakukan saya dulu yang kemudian membentuk kepribadian saya. Contoh sederhana gini, saya terkenal tukang nyolot yang gak bisa marah sama orang. Dan ini ternyata adalah refleksi dari dua metode pendidikan dari nyokap dan bokap saya. Hal ini saya sadari ketika beberapa waktu yang lalu, saya ngeliat seorang anak ngambek sama mamanya, terus mamanya itu membujuk dia sampe kaya mohon mohon gitu, padahal sampai di akhir pengamatan saya pun, bocah yang masih kecil itu belum reda ngambeknya. Orang-orang kebanyakan mungkin cuma bilang, "Ah, anak kecil, sekarang ngambek, besok juga engak." Tapi pembentukan mental anak-anak itu sudah bekerja bahkan ketika orang dewasa banyak yang bicara apatis macam itu.

Saya tergolong cengeng bro, cengeng sekali bahkan. Saya ini tipikal acak abstrak ang segala aspek dalam kehidupannya digerakan oleh emosi. Jadi intinya, ya emosional. Kalo diomelin, biasanya saya bisa nangis hebat, sampe sesenggukan gitu lho. Nah kalo udah gitu, nyokap saya itu bukan tipikal mama yang membujuk halus untuk diam, tapi malah tambah ngomelin saya. Biasanya kalo saya udah sesenggukan, Beliau bilang gini, "Hayo, diem nggak?! Diem nggak?!" pake nada kesel sekaligus gemes yang cukup tinggi dan bikin anak tetangga merinding. Nah, kalo anak lain kan biasanya malah tambah nangis kenceng, tapi berhubung saya terlalu sering dibegitukan, saya lama lama kebal. Imunitas saya terhadap omelan nyokap pun secara alami meninggi. Saya yang terlalu gampang nangis dan nyokap yang terlalu gampang ngomel pun memicu kejadian ini berulang terus menerus sampe saya berada pada satu titik dimana, saya merasa perlu mengutarakan apa yang sebenarnya saya rasakan dengan jelas. Cape bro diomelin terus. Tapi lucunya kesadaran ini muncul sejak saya masih bocil juga. Biasanya kalo udah diomelin gitu, sambil sesenggukan saya jawab, "Nggak bisa berhenti buuu~".

Kebiasaan itulah yang saya kira bikin saya jadi orang ngeyel sekarang. Tapi saya senang karenanya, bahagia malah. Saya amat bersyukur dengan keluarga yang demikian demokratis ini. Kedepannya, sejak SD sampai Universitas, saya selalu diperkenankan untuk memilih masa depan saya sendiri. Tanggung jawab bukan makanan baru buat saya, karena saya selalu dipersilahkan untuk menentukan apa yang akan saya kerjakan kedepannya dengan konsekuensi mereka hanya ingin hasil yang terbaik. Memang gak semulus alur Power Ranger yang selalu menang di penghujung cerita, tapi overall apa yang saya lakukan cukup membuat mereka tersenyum. Itu udah kebanggaan yang luar biasa buat saya.

Lain nyokap yang galak, lain pula bokap ganteng saya. Beliau itu baik banget, gak pernah ngomel *eh jarang maksudnya, kalo pernah mah pernah haha*, asik diajak diskusi, asik diajak iseng, pokoknya, dunia bokap itu gue banget lah. Nyokap saya selalu memfonis kami berdua sebagai kroni yang bersekongkol setiap saat, karena secara genetik,  saya memang lebih deket ke bokap. Saya lebih suka stay berlama-lama di kampung bokap di Tolokan, saya dan bokap suka mie ayam sementara nyokap dan iwul*adek saya* suka bakso, saya dan bokap juga sama sama orang IPS, nasionalis, dan cukup "Nyeni" di keluarga kami. Bokap saya juga tergolong bokap yang nyohib sama anak-anaknya, demokratis, dan terbuka. Kok kayaknya perfect banget yak? ya emang sih. Saya gak mengada-ada kok, temen-temen dan tetangga saya juga bahkan mengakuinya. Sebenarnya karena ada satu rahasia dibalik ini semua. Yakni kehebatan Nyokap saya. Bokap perfect yang saya temui saban hari ini adalah pasca transformasinya, karena kata nyokap dan mbah saya, dulu beliau nggak sebaik ini.

Dari penuturan nyokap, bokap itu dulunya galak, kalo ngomong kasar, sholatnya bolong-bolong, ngerokok, de el el. Pas awal-awal mereka nikah aja, nyokap saya cerita, beliau banyak makan atinya. Masa bokap masih suka cerita tentang mantan mantannya coba ke nyokap wkwk. Nyokap juga pernah dibentak, tapi setelah itu Beliau langsung sakit, dan cukup parah. Nyokap saya itu meski tukang ngomel-ngomel psikisnya gak bisa banget dibentak. Sejak saat itu, bokap introspeksi diri. Beliau sampe takut gara gara peristiwa itu. Yaa, namanya juga tjintah bro~

Dari sana, bokap saya lambat laun berubah. Dan step-step berikutnya lebih ke campur tangan nyokap yang emang berusaha merubah beliau. Jadilah bokap kakkoi saya yang sekarang. Keren ya bro?~ Kapan coba saya bisa ngalamin kisah luar biasa semacam itu. Ya, oke iya saya masih  bocil. Lagian saya juga gak mau buru-buru. Paling nggak, punya titel MA dulu baru nikah, kalo bisa malah setelah disertasi yagak? :3 Untuk sekarang mah, yaa... plisdeh, saya gak ngerti beginian. So, sori buat yang dirugikan karena kenaifan saya. Saya memang nggak keberatan membuka pergaulan dengan semua orang, tapi sekalinya saya menemukan yang tidak saya sukai, saya akan menjauhinya. Malesin tau gak wkwk.

Soal peran bokap buat kepribadian saya, saya jadi orang yang gak bisa marah sama orang lain. Jadi gini, kan akan sangat umum sekali kalo seorang anak kecil ngambek karena tidak mendapatkan apa yang dia inginkan atau problem sepele lainnya kan? Nah biasanya ketika dia ngambek, orang tuanya akan mikir dua kali dan akhirnya memberikan apa yang tadinya gak diberikan ke dia. Kalo bokap saya lain. Setiap kali saya beranjak ngambek, pasti dia malah menggoda saya untuk tertawa, entah itu dengan ngelawak kayak apa. Alhasil, sekarang saya lebih prefer ketawa daripada ngambek wkwk. Beliau juga pasti yang nyuruh saya minta maaf ke nyokap kalo lagi selek. 

Gara gara biasa deket sama bokap, saya juga nggak canggung sama temen cowo. Tercatat dari TK sampe SMA, paling nggak ada satu sohib cowok deket saya di setiap masa. Selain itu, saya bahagia merasa memiliki orang tua yang lebih seperti teman seperjuangan daripada orang tua sendiri. Mereka itu more than parents, tapi sohib dan hero saya~

Glad to have both of you in my side. May God bless us with a long life and health. Sumpah, Gua harus berbuat sesuatu buat kalian berdua kedepannya! I'll Make you Proud of Me! I'll Make you be the Happiest parents ever! Doain aku ya, Buk, Pak! XD



Ik Mis Je~

No comments:

Post a Comment